Komponen Komponen Komputer

Komponen Komponen Komputer - Komputer merupakan alat yang multi fungsi. Hampir di setiap segi kehidupan memanfaatkan komputer sebagai alat bantu. Komputer terdiri atas beberapa komponen, yaitu perangkat keras, perangkat lunak, dan perangkat pengguna.

Jika kamu sebagai perangkat pengguna tidak memiliki kemampuan dasar dalam mengoperasikan komputer, kemudian kamu mengoperasikannya dengan prosedur yang tidak benar maka hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada perangkat yang lain (keras dan lunak).

Komponen Komponen Komputer


Postingan ini akan membahas tentang Perangkat Keras komputer dan Fungsinya, pengenalan jenis-jenis perangkat lunak, dan siapa saja pengguna komputer itu. Untuk itu pelajarilah bab ini dengan baik sehingga kamu mengenal lebih dalam semua perangkat   komputer.

Komputer dapat bekerja jika terdapat unsur-unsur, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pemakai komputer (brainware). Coba kamu lihat Gambar 3.1, pada gambar tersebut terlihat perangkat komputer yang bersifat fisik atau dapat disentuh. perangkat seperti ini dinamakan perangkat keras komputer.

Perangkat keras dapat dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan cara kerjanya mengolah data. Data berasal dari kata datum yang berarti fakta (kenyataan), yaitu suatu peristiwa yang diambil dari suatu kejadian dan mengandung nilai yang sangat berarti.

Data dapat berupa Simbol-simbol, gambar-gambar, huruf, angka- angka. Setelah data diproses melalui suatu pengolahan sedemikian rupa akan menghasilkan informasi yang lebih berguna daripada hanya berupa data.

Proses pengolahan data pada komputer mengalami atas tiga tahap, yaitu masukan (input), proses (prosessing),  dan  keluaran output.
Jadi, berdasarkan pengolahan datanya, perangkat keras komputer terdiri atas perangkat keras masukan, perangkat keras pemroses, dan perangkat keras keluaran.
Perangkat Keras Input
Perangkat masukan yaitu perangkat keras komputer yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan komputer. Kamu dapat mengunakan komponen ini untuk memasukan perintah, data atau informasi ke dalam perangkat proses komputer. yang termasuk perangkat masukan di antaranya adalah papan tombol (keyboard), tetikus (mouse), Pemindai (scanner), dan papan  permainan  (joystick).

a. Papan Tombol (Keyboard)
Keyboard merupakan perangkat keras masukan yang paling sering digunakan. Terdiri atas tombol- tombol yang memiliki fungsi-fungsi khusus. Berdasarkan letak dan fungsinya umumnya keyboard terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu tombol ketik (Typeriter keys), tombol sistem (System keys), tombol aplikasi (Application keys), tombol fungsi (Function keys), tombol numerik (Numeric keypad), tombol kontrol (Cursor control keys), tombol ENTER, dan tombol-tombol tambahan.

b. Mouse
Mouse adalah perangkat input yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjuk perintah atau program pada layar monitor. Digunakan pula untuk menunjuk atau menempatkan kursor pada suatu posisi di layar, memilih menu bahkan untuk menggambar. Adapun merk mouse yang biasa digunakan di antaranya  Quantum,  Genius,  Logitech,  dan Macro.

Fungsi-fungsi di dalam mouse sebagai berikut.
1. Klik satu kali (single clik): artinya menekan tombol kiri mouse secara tepat dan cepat
2. Klik dua kali (double clik): artinya menekan tombol mouse dua  kali secara tepat dan cepat, dapat digunakan pula untuk menjalankan program, membuka dokumen, membuka folder dan sebagainya.
3. Klik kanan (right clik): artinya menekan tombol kanan mouse secara tepat dan cepat.
4. Klik dan geser (drag): artinya tekan terus tombol kiri mouse kemudian geser posisi tertentu sesuai dengan keinginan dan lepaskan bila posisi yang diinginkan  telah tercapai.

Berdasarkan prinsip kerjanya, mouse dapat digolongkan pada beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1) Mouse mekanis
Bola yang berada ditubuh mouse akan berputar jika mousenya digeser. Putaran bola ini akan memutar dua buah roda sensor yang dipasang secara ortogonal, sehingga dengan demikian akan diketahui posisi dari kursor mousenya.

2) Mouse Optik
Sensornya terdiri dari dua buah LED dan dua buah lensa (photo-transistor) untuk mendeteksi gerakan. Salah satu LED mengeluarkan cahaya merah, yang lainnya mengeluarkan cahaya inframerah. Jenis mouse ini memerlukan landasan khusus yang berisi jala-jala yang tersusun tegak lurus. Jala-jala tersebut akan menyerap warna tertentu jika mouse digerakkan menuju  arah tertentu.

c. Scanner
Scanner adalah komponen komputer untuk mengkonversi atau mengubah gambar/dokumen manual menjadi gambar/dokumen digital. Adapun merk scanner yang biasa digunakan diantaranya: Cannon, HP, Winpro, Umax, Mustek, Acer dan   sebagainya.

Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan pemindaian pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada ulangan umum dan ujian Nasional adalah Scaner IR yang memiliki lampu sensor yang dibuat optik sehingga mengenali jenis pensil  2B.

d. Joystick dan Paddle
Perangkat ini digunakan untuk mendukung berbagai program permainan (game) pada komputer. Joystick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan padle berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam  komputer.

e. Panel Sensitif Sentuhan (Touch Screen)
Piranti interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidaknya sentuhan tangan atau stylus langsung ke layar komputer. Panel ini bekerja dengan cara menginterupsi matrix berkas cahaya atau dengan mendeteksi adanya perubahan kapasitansi atau bahkan pantulan ultrasonik. Mempunyai rasio kontrol/tampilan sama dengan satu. Cocok untuk ditempatkan ditempat ramai dan kurang “ramah”.

f. Camera Digital dan Handycam
Perkembangan teknologi telah begitu canggih hingga komputer dapat menerima input dari kamera dan  Handy-Cam. Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengan kualitas gambar yang lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara yang menyalin gambar yang memanfaatkan scanner.

g. Mikropon dan Head phone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam/ memasukan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikrofon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting.

h. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat memanfaatkan Graphic Pads. Graphic Pads ini merupakan input untuk menggambar objek pada monitor. Graphic Pads yang digunakan mempunyai 2 jenis.

Pertama, memanfaatkan jarum (Stylus) yang dihubungkan kepada bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membran sensitive sentuhan (touch sensitive membrane surface). Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Presentasi Video - Perumusan Masalah, Ide, Sinopsis, Treatment, dan Pemahaman Naskah

Pengertian Buku Digital (ebook), Fungsi Tujuan dan Formatnya

Pengertian Storyboard, Fungsi dan Contohnya